Senin, 22 Agustus 2016

Insiden Valentino Rossi - Makna Alif Lam Mim


Masih ingatkah insiden yang terjadi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez disirkuit Sepang Malaysia ditahun 2015 lalu? Ada pesan tersembunyi dibalik insiden tersebut. Sebelum anda mengetahui pesan tersembunyi yang saya maksudkan ada baiknya anda membaca kajian saya berikut ini :

Allah memberikan manusia akal. Karena diberikan akal, manusia menjadi makhluk yang paling sempurna. Apakah kita termasuk orang yang menjadikan akal pikiran sebagai petunjuk hidup? Sadarilah, ada Al-Qur’an yang Allah turunkan sebagai petunjuk hidup.

Surah Al-Baqarah ayat 1 :




Alif laam miim.

Apa makna Alif Lam Mim?

Alif Lam Mim merupakan salah satu dari huruf-huruf muqatha’ah. Ada yang mengatakan bahwa makna dari ayat ini hanya Allah saja yang mengetahuinya.

Coba kita pikirkan, bukankah Al-Qur’an itu diturunkan untuk manusia? Jika demikian semestinya seluruh ayat yang ada didalamnya bisa dipahami manusia.

Meskipun pada akhirnya kita tidak bisa mengetahui makna sebenarnya yang terkandung dalam Alif Lam Mim, penulis yakin pasti ada pemahaman yang bisa kita ambil meski cuma sedikit saja.

Setelah terus berpikir ada yang penulis sadari, bisa jadi alif lam mim ini beserta huruf-huruf muqatha’ah lainnya itu mengandung sebuah penyadaran. Yaitu sebuah penyadaran agar kita segera menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah agar diatur oleh-Nya. Jika tidak, sadar atau tidak sadar kita akan terus-menerus mengalami keburukan. Sadarilah, akal pikiran kita itu memiliki keterbatasan. Dan karena keterbatasan kita inilah kita harus segera menyerahkan diri sepenuhnya  kepada Allah. Allah Maha Kuasa dan tidak memiliki keterbatasan. Sekarang kita bisa sedikit menyadari mengapa huruf-huruf muqatha’ah selalu ditempatkan pada ayat pertama.

Mari kita lanjut.

Para mufassir masih berbeda pendapat mengenai makna dari huruf-huruf muqatha’ah ini. Kalau kita perhatikan, seluruh pendapat mengenai huruf-huruf muqatha’ah yang ada pada saat ini belum menyingkap makna sebenarnya dari huruf-huruf muqatha’ah. Meskipun sekarang ini ada satu pendapat yang lebih masuk akal, bisa jadi dikemudian hari akan ada pendapat yang akan lebih masuk akal lagi.

Coba anda sendiri yang memikirkan apa makna sebenarnya dari huruf-huruf muqatha’ah ini. Pikirkanlah dengan seluruh kemampuan anda. Jangan lanjutkan membaca tulisan ini sebelum anda selesai memikirkannya.


...

  
Apakah anda sudah selesai memikirkannya? Apakah anda sudah mengetahui makna sebenarnya dari alif lam mim beserta huruf-huruf muqatha'ah lainnya?

Jika anda tidak mampu, maka sadarilah sekali lagi akal pikiran kita itu memiliki keterbatasan. Tentunya Allah mengetahui apa makna sebenarnya dari huruf-huruf muqatha’ah. Jika manusia itu harus melalui sebab tertentu untuk dapat mengetahui sesuatu misalkan belajar maka Allah tidak perlu melalui sebab apapun untuk dapat mengetahui sesuatu, itu karena Allah Maha Mengetahui.

Mari kita lihat salah satu bukti kecilnya:



Artinya :
"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan (melilitkan) malam atas siang dan menutupkan (melilitkan) siang atas malam..."(QS. Az-Zumar ayat 5)

Perhatikan kata arab yang saya beri garis merah ‘yukawwiru’. Yukawwiru berasal dari kata ‘kawwara’, yakni menggabungkan sesuatu ke sesuatu yang lain dengan melipatnya. Kata ini biasa digunakan untuk menggambarkan sorban yang dililitkan dikepala.

Pertanyaannya, mengapa Allah subhanahu wa ta’ala menggunakan kata kawwara?

Kata Kawwara tidak tepat digunakan untuk menggambarkan selain sorban yang dililitkan dikepala kecuali digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sama dengan sorban yang dililitkan dikepala. Itu pertanda, malam maupun siang pada bumi itu berbentuk hampir sama seperti tempurung kepala manusia. Coba kita lihat foto bumi berikut ini :

Sumber foto : nasa.gov


Coba perhatikan siang dan malam pada foto yang saya berikan, hampir sama seperti tempurung kepala manusia kan? Apabila malam dan siang disatukan maka bentuknya akan menjadi bulat pepat. Jadi secara tersirat diterangkan bahwa bentuk bumi itu adalah bulat pepat. Sedangkan manusia terlambat mengetahui bentuk bumi yang sebenarnya. Contohnya seorang pelaut yang bernama Ferdinand Magellan. Pelaut asal Portugal ini bersama awak kapalnya berlayar dari tahun 1519 hingga tahun 1522. Dari pelayaran tersebut mereka menyadari bahwa bentuk bumi itu bulat.

Pengetahuan manusia itu bagai sebutir debu apabila dibandingkan dengan pengetahuan Allah Yang Maha Mengetahui.  Yang perlu kita sadari juga disini bahwa jika kita memutuskan untuk melakukan sesuatu menurut akal pemikiran kita, tentunya akan ada dua hasil yaitu bisa jadi gagal dan bisa jadi berhasil. Akan tetapi jika kita memutuskan menurut pengetahuan Allah, tentunya kita akan memperoleh apa yang kita harapkan, insya Allah.

Jadi sadarilah akan batas kemampuan pengetahuan kita, putuskanlah sesuatu menurut pengetahuan Allah, serahkanlah diri sepenuhnya kepada Allah agar diatur oleh-Nya. Jika kita sudah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, tentunya kita tidak berhak lagi untuk mengatur diri kita sendiri. Sebenarnya penyerahan diri kita ini adalah sebuah keharusan mengingat kita berada didunia ini bukanlah atas kehendak kita sendiri melainkan atas kehendak Allah.

Diatur oleh Allah bukan berarti hidup kita akan menjadi tidak bebas. Demi Allah, apabila kita  melakukan perintah-perintah Allah dan menjauhi seluruh larangan-Nya maka kita akan mendapatkan kenikmatan didunia dan menurut Al-Qur’an juga hadist kita juga akan mendapatkan kenikmatan diakhirat nanti. Dan ketahuilah dan sadarilah hidup penuh dengan kebebasan itu atau berdasarkan akal dan nafsu saja hanya akan berakibat buruk pada kehidupan kita. Contohnya Si Fulan suka meminum minuman keras. Padahal Allah melarang meminum minuman keras. Suatu ketika si Fulan mengendarai motor dalam keadaan mabuk. Akibatnya, Ia menabrak dan kakinya pun patah. Kini hidupnya penuh dengan penyesalan.

...

Setelah insiden yang terjadi disirkuit Sepang, Rossi mengaku menyesali perbuatannya. Rossi tidak menendang Marquez, Ia hanya melebar. Ia berbuat demikian karena marah dengan ulah Marquez. Akibatnya, Marquez pun terjatuh dan tidak melanjutkan balapan.

Seandainya Rossi mengetahui bahwa menuruti amarah itu hasilnya akan buruk pasti insiden di sirkuit Sepang tidak akan terjadi dan kemungkinan besar Ia bisa meraih juara moto gp tahun 2015.

Didalam Al-Qur'an, dikatakan bahwa mengikuti Nabi Muhammad saw sama saja mengikuti Allah. Nabi saw berkata kepada kita bahwa janganlah marah. Nabi Muhammad saw juga berkata orang yang kuat bukanlah orang yang pandai bergulat tetapi orang yang kuat adalah orang yang sanggup mengendalikan dirinya disaat marah.

Atau mungkin Rossi sudah mengetahui bahwa menuruti amarah hasilnya akan buruk tetapi Ia sulit untuk menahannya. Sejauh ini yang penulis rasakan adalah shalat yang dilakukan secara kusyuk membuat penulis bisa mengelola rasa marah dengan baik. Allah subhanahu wa ta'ala mengatakan bahwa shalat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Ingatlah, kita tidak mengetahui sedangkan Allah mengetahui.


... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(QS. Al-Baqarah ayat 216).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar